majuqq

Alumnus Liga Vietnam yang Bersinar di Indonesia: Dari Marko Simic Hingga Wander Luiz

nikmatqq

Jakarta – Belakangan, Liga 1 kerap diserbu oleh eksodus pemain asing dari V.League 1 atau kasta teratas Liga Vietnam. Ada Marko Simic yang sukses besar bersama Persija Jakarta. Ada juga Wiljan Pluim yang bersinar dengan PSM Makassar.

Teraktual, Wander Luiz unjuk gigi untuk Persib Bandung. Penyerang asal Brasil itu berhasil mencetak empat gol dari tiga pertandingan pertamanya sekaligus membuatnya sebagai pemain tersubur di musim ini.

Marko Simic, Pluim, dan Wander Luiz lebih dulu singgah di Vietnam sebelum menambatkan hatinya di Indonesia. Nama pertama, misalnya. Striker asal Kroasia itu pernah membela tiga klub di Negeri Paman Ho.

Simic memperkuat Becamex Binh Duong pada pertengahan 2015 sebelum pindah ke Dong Thap pada pengujung tahun. Di 2016, pemain berusia 32 tahun itu hijrah ke tim Vietnam lainnya, Long An.

Merangkum dari Soccerway, bersama ketiga klub itu, Marko Simic tampil dalam 25 laga dan cuma mengukir 11 gol. Jumlah yang kontradiktif jika dibandingkan dengan torehannya bersama Persija sejak 2018. Mantan pemain Timnas Kroasia U-21 ini mampu mengemas 62 gol di berbagai kejuaraan resmi.

Wiljan Pluim, Terlantar di Vietnam

Wiljan Pluim masih berstatus pemain Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda pada 2015. Namun, perubahan hidupnya berjalan drastis. Gelandang bertubuh gempal ini malah terdampar di Vietnam pada 2016.

Pemain kelahiran Zwolle, Belanda ini bergabung dengan Becamex Binh Duong untuk musim 2016. Setelah V League1 berlangsung beberapa pekan, Pluim harus dirawat di rumah sakit karena menderita infeksi usus.

Di tengah jalan, kontrak Pluim diputus oleh Binh Duong. Setelah ditendang secara sepihak, pemain berusia 31 tahun ini merapat ke PSM pada putaran kedua Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Bersama PSM, Pluim mampu tampil menawan. Bahkan disebut-sebut sebagai satu di antara pemain asing terbaik di Indonesia saat ini. Bagaimana tidak, kemampuan olah bolanya mampu mengundang decak kagum. Permainannya cenderung lambat, tapi pasti bisa melewati pemain lawan.

Prestasi terbaik Pluim bersama PSM terjadi pada tahun lalu. Ketika itu, mantan pemain Vitesse ini mampu membawa timnya ke tangga juara Piala .

Wander Luiz, Berawal dari Pemain Seleksi

Berawal dari pemain seleksi, kini menjadi pujaan para suporter. Sepenggal cerita tersebut menggambarkan kondisi Wander Luiz sebelum bergabung dengan Persib.

Penyerang berusia 28 tahun itu harus menjalani seleksi terlebih dahulu, baru dikontrak oleh Persib. Padahal, rekam jejaknya sebagai pemain tidak begitu buruk.

Wander Luiz sempat lama berkiprah di Vietnam. Dimulai pada 2016, ketika merumput untuk Long An. Sempat kembali ke Brasil pada setahun berikutnya, Wander Luiz tiba lagi di Negeri Paman Ho untuk membela Quang Nam pada awal 2018 sebelum hijrah ke Can Tho pada pertengahan 2019.

Pada musim lalu, Wander Luiz berseragam Binh Duong. Soccerway mencatat, pemain kelahiran 17 Februari 1992 ini merangkum 24 gol selama bermukim di Vietnam.

Sumber: Soccerway

Disadur dari Bola.com 

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply